Limbah

Program Pengurangan Penggunaan Kertas dan Plastik di Kampus

Universitas Esa Unggul memiliki 7 program yang dilakukan sebagai bagian dari upaya meminimalisir pengurangan jumlah sampah domestik berupa penggunaan kertas dan pelastik di lingkungan kampus, diantaranya yaitu:

  1. Perkuliahan Digital

Perkuliahan di kampus Universitas Esa Unggul dilaksanakan dengan mengunakan system informasi manajemen berupa eleraning.esaunggul.ac.id yang telah dikembangan mulai dari tahun 2006. Penggunaan system informasi dilakukan sebagai transformasi pembelajaran di era digital dan bertujuan untuk meminimalisir penggunaan kertas dalam aktivitas pembelajaran yang berlangsung. Seluruh dokumen perkuliahan yang semula berbasis pada penggunaan kertas berupa modul, dokumen penugasan, dokumen soal ujian, dan lembaran jawaban tugas serta ujian mahasiswa kini tersedia dalam bentuk digital sehingga mengurangi penggunaan kertas secara signifikan.

2. Penggunaan tumbler bagi mahasiswa dan pegawai

Universitas esa unggul konsisten mengkampanyekan program penggunaan tumbler atau botol air minum pribadi sebagai upaya menekan penggunaan botol plastik sekali pakai. Program penggunaan tumbler ditujukan kepada seluruh civitas Universitas Esa Unggul dengan harapan terjadinya pola hidup sehat dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi jumlah sampah pelastik yang dihasilkan kampus.  Setiap pertemuan ataupun kegiatan di lapangan tida lagi menggunakan air mineral kemasan botol pelastik, namun seluruh civitas menggunakan botol air minum pribadi untuk mengisi ulang air dan Universitas Esa Unggul bekerjsa sama dengan perusahaan air Pristin untuk menyediakan air minum agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat kampus.

3. Penyediaan alat makan dan minum di ruang kerja

Universtisas Esa Unggul memiliki program penyediaan alat makan, alat minum, dan alat memasak di ruang kerja. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan dan kesehatan para karyawan dalam aktivitas saat bekerja dan juga sebagai upaya menekan penggunaan sampah pelastik serta sterofoam. Alat makan dan minum yang disediakan oleh Universitas Esa Unggul ditempaktan pada setiap ruangan unit kerja sesuai dengan jumlah personil pada setiap unit.

4. Penyedian fasilitas dispenser umum

Universitas Esa Unggul memiliki program penyediaan fasilitas dispenser umum yang bisa diakses oleh seluruh civitas kampus sebagai upaya melaksanakan Instruksi Menteri No.1/M/INS/2019 tentangnlarangan penggunaan kemasan air minum berbahan pelastik sekali pakai dan/atau kantong pelastik di lingungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Penyediaan air minum Praktis menggunakan fasilitas dispenser diletakkan di lokasi-lokasi strategis sehingga memudahkan masyarakat kampus mengakses air isi ulang untuk dikonsumsi. Penyediaan air peda setiap mesin dispenser difasilitasi oleh perusahaan air minum Pristin dengan menggunakan kemasan gallon isi ulang, sehingga upaya tersebut diharapkan dapat membentuk perilaku kebiasaan sehari-hari dalam meminimalisir penggunaan botol pelastik sekali pakai.

5. Sistem administrasi mahasiswa digital

Universtias Esa Unggul memfasilitasi mahasiswa dalam memberikan kemudahan untuk melakukan pengurusan administrasi perkulihan berdasarkan penggunaan system administrasi digital siakad.esaunggul.ac.id. Segala bentuk administrasi perkuliahan mahasiswa berupa tagihan pembayaran, bukti pembayaran, transkrip nilai mahasiswa, kebutuhan surat menyurat, dokumentasi bimbingan, rekapitulasi kemajuan perkuliahan mahasiswa, serta kebutuhan administrasi lainnya yang semula berbasis pada penggunaan kertas kini tersedia dalam satu akses. Penggunaan system administrasi digital berupa siakad, selain memberikan kemudahan mahasiswa dalam mengakses berbagai layanan yang dibutuhkan hal tersebut juga membantu mengurangi penggunaan kertas.

6. Pengunaan Kantong belanja ramah di kantin

Universitas Esa Unggul melalui biro umum selaku pengelola lingkungan kampus, menginstruksikan kepada seluruh elemen di kantin kampus dalam menggunakan produk kemasan yang mudah terurai da mudah di daur ulang. Kantin Universitas Esa Unggul menggunakan “kantong belanja ramah” dalam mengemas makanan yang dijual sebagai upaya menekan sampah pelastik yang dihasilkan di lingkungan kantin.

7. Tidak menggunakan sedotan plastik

Universitas Esa Unggul melakukan upaya pelarangan penggunaan sedotan pelastik pada aktivitas di kantin universitas. Mulai tahun 2019 secara bertahap kantin di universitas Esa Unggul tidak lagi menggunakan sedotan pelastik dan hal ini membantu dalam mengurangi sampah pelastik yang dihasilkan di lingkungan kantin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *