Limbah

Pembuangan Limbah

Gambar 1. Sistem Pengolahan Air Limbah Kampus Esa Unggul
Gambar 2. Proses pengujian air limbah di lingkungan Universitas Esa Unggul

Deskripsi:

  1. Penyediaan Saluran Penampungan

Universitas Esa Unggul berkomitmen dalam penyediaan penampungan limbah yang berasal dari limbah kamar mandi dan bekas cucian piring yang digunakan di kantin dan ditempat ibadah. Penampungan ini akan bermuara di penampungan aerasi yang memiliki blower dengan mesin penggerak untuk mengalirkan oksigen. Setelah beberapa lama limbah yang telah diaerasi, dialirkan ke bak sedimentasi.

2. Dalam penampungan sedimentasi, akan ada pemisahan lumpur yang berasal dari endapan dari limbah. Lumpur yang masih mengandung mikroorganisme di alirkan Kembali ke reactor/penampungan aerasi untuk diolah menjaga konsentrasi bakteri.

3. Air yang sudah hasil dari pemisahan di bak sedimentasi akan di alirkan ke sumber air universitas untuk digunakan Kembali oleh unit pertamanan untuk menyiram tanaman yang ada di lingkungan universitas.

4. Universitas juga melakukan Mengecek kandungan air limbah di unit laboratorium ksesehatan minimal tiga bulan sekali untuk memastikan agar hasil pengolahan limbah sudah sesuai standar baku mutu air.

5. Air yang sudah diolah digunakan kembali untuk proses penyiraman tanaman dan urinoir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *